Analisa Produk Madu TJ™ Dengan Madurasa™
Madu TJ™ rasa jeruk Madurasa™ rasa jeruk nipis
Ultrasakti PT Madurasa unggulan nusantara
Untuk memenuhi tugas dari Ibu dosen Desi Trisnawati, M.M memilih 2 produk yang sama dengan produsen yang berbeda. Saya memilih produk minuman dengan madu yang sama tetapi dengan produsen yang berbeda. 2 produk minuman dengan madu ini saya pilih karena bersaing di segment pasar menengah kebawah, dan dijual eceran (satuan) di warung kelontong. 2 produk ini akan saya analisa dari segmentasi pasar, kemasan, harga, promosi, dan dari produk itu sendiri.
Tampak belakang dari kedua produk
Madu TJ™
Netto : 20 gram
Komposisi : Mengandung madu dan royal jelly, ditambah rasa jeruk.
Khasiat dan kegunaan : Menyehatkan, menyegarkan dan cepat menambah tenaga. Meningkatkan daya tahan tubuh. Menambah khasiat jamu.
Saran penyajian : Langsung diminum / dicampur dengan ½ gelas (100 ml) air matang, dapat juga dicampur dengan berbagai macam makanan/minuman dan jamu seduhan.
Madurasa™
Netto : 25 gram
Komposisi : Fruktosa, glukosa, madu, pengatur keasaman (asam sitrat, asam malat), perisa alami jeruk nipis, ekstrak jeruk nipis, pewarna caramel I plan, pewarna strawberry carmoisin.
Cara pemakaian : Langsung diminum/dicampur dengan ½ gelas (100 ml) air matang, dapat juga dicampur dengan berbagai macam makanan/minuman dan jamu seduhan.
2 Produk ini disimpan ditempat yang sejuk dan kering.
Segmentasi pasar yang dituju kedua produk ini adalah segment pasar menengah kebawah. Pasar menengah kebawah melihat kedua produk ini cukup berkualitas dan terjangkau. 2 produk ini dijual di warung-warung kelontong yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah kebawah dengan mudah. Bagi kalangan bawah 2 produk ini sangat terjangkau untuk mengkonsumsinya. Harga eceran tertinggi (HET) yang ditawarkan kedua produk ini sama, yaitu Rp.1000,- per sachetnya.
Kemasan kedua produk memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama. Kemasan Madu TJ™ berwarna kuning cerah, orange, dan sedikit warna putih. Ada bentuk segi enam yang transparan sehingga minuman madu terlihat dari luar. Sekilas kemasan Madu TJ™ menarik, berwarna, dan enak dipandang. Kemasan Madu TJ™ menarik untuk dipilih oleh anak-anak dan dikonsumsi oleh anak-anak. Selain rasa jeruk ada juga rasa strawberry yang memperbanyak varian rasa Madu TJ™. Kemasan Madurasa™ berwarna putih dan merah pada mereknya, transparan pada segi enamnya. Kemasan Madurasa™ sederhana dan tidak berwarna mencolok. Bentuk segi enam ciri khas sarang lebah juga dimunculkan pada kemasan Madurasa™ dengan transparan sehingga minuman madu terlihat dari luar. Berat bersih (netto) dari Madurasa™ lebih banyak dari pada Madu TJ™ yaitu 25 gram.
Harga kedua produk ini sama, yaitu Rp.1000,- per sachetnya. Harga ini mungkin harga eceran tertinggi (HET) yang dianjurkan digunakan oleh warung-warung kelontong pada saat menjualnya. Karena saya membeli produk ini di warung yang berbeda, dengan harga yang sama.
Promosi kedua produk ini ada pada iklan televisi. Promosi produk Madu TJ™ adalah menawarkan bahwa mereka memiliki 2 varian rasa yaitu rasa jeruk dan strawberry. Produk Madurasa™ hanya ada satu rasa yaitu rasa jeruk nipis.
Kedua produk sendiri bersaing di hal yang sama yaitu minuman dengan madu, segmentasi pasar yang dipilih kedua produk ini sama, harga yang ditawarkan kedua produk ini sama, kedua produk ini sasarannya adalah kalangan anak-anak dan dewasa sampai tua, karena madu dapat dikonsumsi oleh berbagai usia dan banyak kegunaannya bagi kesehatan. Jika ingin mendapatkan isi lebih banyak maka pilihannya adalah mengkonsumsi Madurasa™. Jika ingin mengkonsumsi madu dengan varian rasa maka jawabannya adalah Madu TJ™.
Komentar
Posting Komentar