Algoritma (algorithm) didalam Software Engineering
I. Algoritma (algorithm)
Perangko dari Rusia pada Gambar
5.1. di samping ini bergambar seorang
pria dengan nama Muhammad ibn Ms
al-Khwrizm. Bagi kalian yang sedang
berkecimpung dalam dunia komputer
maka seharusnya mengetahui siapa
orang di samping ini. Dia adalah
seorang ilmuwan Islam yang karyakaryanya
dalam bidang matematika,
astronomi, astrologi dan geografi
banyak menjadi dasar perkembangan
ilmu modern. Dan dari namanya istilah
yang akan kita pelajari dalam bab ini
muncul. Dari Al-Khawarizmi kemudian
berubah menjadi algorithm dalam
Bahasa Inggris dan diterjemahkan
menjadi algoritma dalam Bahasa
Indonesia.
Standar kompetensi algoritma
pemrograman dasar terdiri atas empat
kompetensi dasar. Dalam penyajian
pada buku ini, setiap kompetensi dasar
memuat uraian materi, dan latihan. Ringkasan diletakkan pada setiap akhir bab.
Kompetensi dasar pada bab ini adalah menjelaskan variabel, konstanta dan tipe
data, membuat algoritma/logika alur pemrograman, menerapkan pengelolaan
array, dan mengoperasikan file. Sebelum mempelajari kompetensi ini ingatlah
kembali sistem operasi, prinsip pemecahan masalah, dan materi-materi
pendukung dari mata pelajaran matematika. (dikutip dari BSE RPL jilid 1)
Algoritma adalah urutan yang berurutan dalam suatu kondisi dimana dimisalkan apabila seorang ingin mengisi pulsa prepaid, orang itu harus pergi membeli pulsa prepaid terlebih dahulu dan urutan selanjutnya membayar untuk pulsa prepaid tersebut. Membahas cara top-up pulsa prepaid terdapat urutan algoritmanya yaitu adalah memberikan nomor handphone yang ingin diisi pulsa, lalu setelah itu di periksa sudah masuk belum ke nomor tujuan.
J. Flowchart
Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang
menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. Flowchart
merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma
dalam bentu notasi-notasi tertentu. Secara lebih detil bagian ini akan dibahas
pada bagian berikutnya.
Pada flowchart ada beberapa simbol penting yang digunakan untuk
membuat algoritma sebagaimana tercantum pada Gambar 5.3.
Notasi ini disebut Terminator (gambar notasi yang atas) yang berarti
digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir
suatu algoritma
Notasi ini disebut Data (gambar trapesium yang bawah) yang digunakan untuk
mewakili data input atau output atau menyatakan
operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.
--> Notasi ini disebut Process yang digunakan untuk
mewakili suatu proses.
--> Notasi ini disebut Decision yang digunakan untuk
suatu pemilihan, penyeleksian kondisi di dalam
suatu program
--> Notasi ini disebut Preparation yang digunakan
untuk memberi nilai awal, nilai akhir,
penambahan/pengurangan bagi suatu variable
counter.
--> Notasi ini disebut Predefined Process yang
digunakan untuk menunjukkan suatu operasi
yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain
(prosedur, sub-prosedur, fungsi)
--> Notasi ini disebut Connector yang digunakan
untuk menunjukkan sambungan dari flowchart
yang terputus di halaman yang sama atau
haraman berikutnya.
--> Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk
menunjukkan arus data atau aliran data dari
proses satu ke proses lainnya.
Gambar 5.3. Simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart.
Program Flowchart dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika
program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci
(detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan
untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara
logika dan biasanya dipersiapkan oleh seorang analis system. Sedangkan bagan
alir program komputer terinci digunakan untuk menggambarkan instruksiinstruksi
program komputer secara terinci dan biasanya dipersiapkan oleh
seorang programmer. Apabila Contoh 5.10 dibuat program flowchartnya maka
akan tampak pada gambar 5.4.
Komentar
Posting Komentar