Algoritma (algorithm) didalam Software Engineering

I. Algoritma (algorithm)


 

Perangko dari Rusia pada Gambar

5.1. di samping ini bergambar seorang

pria dengan nama Muhammad ibn M􀅺s􀅅

al-Khw􀅅rizm􀅝. Bagi kalian yang sedang

berkecimpung dalam dunia komputer

maka seharusnya mengetahui siapa

orang di samping ini. Dia adalah

seorang ilmuwan Islam yang karyakaryanya

dalam bidang matematika,

astronomi, astrologi dan geografi

banyak menjadi dasar perkembangan

ilmu modern. Dan dari namanya istilah

yang akan kita pelajari dalam bab ini

muncul. Dari Al-Khawarizmi kemudian

berubah menjadi algorithm dalam

Bahasa Inggris dan diterjemahkan

menjadi algoritma dalam Bahasa

Indonesia.

Standar kompetensi algoritma

pemrograman dasar terdiri atas empat

kompetensi dasar. Dalam penyajian

pada buku ini, setiap kompetensi dasar

memuat uraian materi, dan latihan. Ringkasan diletakkan pada setiap akhir bab.

Kompetensi dasar pada bab ini adalah menjelaskan variabel, konstanta dan tipe

data, membuat algoritma/logika alur pemrograman, menerapkan pengelolaan

array, dan mengoperasikan file. Sebelum mempelajari kompetensi ini ingatlah

kembali sistem operasi, prinsip pemecahan masalah, dan materi-materi

pendukung dari mata pelajaran matematika. (dikutip dari BSE RPL jilid 1)

Algoritma adalah urutan yang berurutan dalam suatu kondisi dimana dimisalkan apabila seorang ingin mengisi pulsa prepaid, orang itu harus pergi membeli pulsa prepaid terlebih dahulu dan urutan selanjutnya membayar untuk pulsa prepaid tersebut. Membahas cara top-up pulsa prepaid terdapat urutan algoritmanya yaitu adalah memberikan nomor handphone yang ingin diisi pulsa, lalu setelah itu di periksa sudah masuk belum ke nomor tujuan.


J. Flowchart

    Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang

menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. Flowchart

merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma

dalam bentu notasi-notasi tertentu. Secara lebih detil bagian ini akan dibahas

pada bagian berikutnya.

Pada flowchart ada beberapa simbol penting yang digunakan untuk

membuat algoritma sebagaimana tercantum pada Gambar 5.3.



Notasi ini disebut Terminator (gambar notasi yang atas) yang berarti

digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir

suatu algoritma

Notasi ini disebut Data (gambar trapesium yang bawah) yang digunakan untuk

mewakili data input atau output atau menyatakan

operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.

Gambar 5.3.


-->  Notasi ini disebut Process yang digunakan untuk

mewakili suatu proses.

-->  Notasi ini disebut Decision yang digunakan untuk

suatu pemilihan, penyeleksian kondisi di dalam

suatu program

-->  Notasi ini disebut Preparation yang digunakan

untuk memberi nilai awal, nilai akhir,

penambahan/pengurangan bagi suatu variable

counter.

-->  Notasi ini disebut Predefined Process yang

digunakan untuk menunjukkan suatu operasi

yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain

(prosedur, sub-prosedur, fungsi)

-->   Notasi ini disebut Connector yang digunakan

untuk menunjukkan sambungan dari flowchart

yang terputus di halaman yang sama atau

haraman berikutnya.

-->   Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk

menunjukkan arus data atau aliran data dari

proses satu ke proses lainnya.

    Gambar 5.3. Simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart.

Program Flowchart dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika

program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci

(detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan

untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara

logika dan biasanya dipersiapkan oleh seorang analis system. Sedangkan bagan

alir program komputer terinci digunakan untuk menggambarkan instruksiinstruksi

program komputer secara terinci dan biasanya dipersiapkan oleh

seorang programmer. Apabila Contoh 5.10 dibuat program flowchartnya maka

akan tampak pada gambar 5.4.  



K. Struktur Algoritma Berurutan

Ada tiga struktur dasar yang
digunakan dalam membuat algoritma yaitu
struktur berurutan (sequencing), struktur
pemilihan/keputusan/percabangan
(branching) dan struktur pengulangan
(looping). Sebuah algoritma biasanya akan
menggabungkan ketiga buah struktur ini
untuk menyelesaikan masalah.
Pada bagian ini kita akan bahas lebih
dulu struktur algoritma berurutan. Struktur
berurutan dapat kita samakan dengan mobil
yang sedang berjalan pada jalur lurus yang
tidak terdapat persimpangan seperti tampak
pada Gambar 5.5. Mobil tersebut akan
melewati kilometer demi kilometer jalan
sampai tujuan tercapai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

descriptive,narrative,recount,report,procedure,advertisement,announcement,letter,invitation,brochure.

PRODUKSI NASI GORENG PADA PEDAGANG NASI GORENG

Data Flow Diagram (DFD)