PAPER
CASSAVA RESTO 5in1
Disusun untuk memenuhi tugas kelompuk mata kuliah Dasar-Dasar Pemasaran
Dosen pengampu Arnold Diosdat, S.E., M.M.
Disusun oleh :
Kelompok 2
Novitasari (63010160023)
Anis Nur F (63010160041)
Munif Anggraeni (63010160045)
Arini Noor Hidayati (23010160122)
Purwadi Priyambodo (63010160206)
PROGRAM STUDI S1 PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2017
Visi
Menjadikan jaringan kuliner yang terbaik dan terbesar diseluruh Indonesia maupun manca negara
Misi
Untuk mengembangkan usaha ke seluruh pelosok Indonesia hingga manca negara.
Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan, karyawan atau pegawai.
RENCANA ANGGARAN
Modal awal : Rp 1.000.000.000,00
Pengeluaran dan pembelian
Dalam usaha ini, kami melakukan pengeluaran sebesar Rp 500.000.000,-untuk pembanguan dan Rp 300.000.000,- untuk renovasi, dan sisa Rp 200.000.000,- digunakan untuk membeli perlengkapan restoran dengan rincian sebagai berikut :
PERALATAN RESTORAN
No.
Jenis Barang
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Meja & kursi
20
@800.000
16.000.000
3.
Meja Lesehan
8
@500.000
4.000.000
4.
Karpet
8
@200.000
1.600.000
5.
Sound System
Satu Paket
2.000.000
7.
Telephon Resto
1
@500.000
500.000
8.
8.
Jam Dinding
1
@65.000
65.000
10.
Kipas Angin
4
@190.000
760.000
11.
TV LED
2
@1.300.000
2.600.000
12.
Komputer
1
@4.000.000
4.500.000
13.
Kulkas Sayuran
1
@2.000.000
2.000.000
14.
Kulkas Minuman
1
@2.500.000
2.500.000
15.
Kompor + Gas
3
@1.500.000
4.500.000
16.
Panci Besar
2
@400.000
800.000
17.
Panci
4
@50.000
200.000
18.
Pemanggang
1
@300.000
300.000
19.
Penggorengan
2
@200.000
400.000
20.
Penjepit Gorengan
20
@3.000
60.000
21.
Pisau
7
@30.000
210.000
22.
Spatula + Serok
4
@5000
20.000
23.
Nampan Saji
20
@25.000
500.000
25.
Sendok + Garpu
200
@10.000
2.000.000
27.
Loyang
3
@20.000
60.000
28.
Tempat Tisue
15
@5.000
75.000
29.
Ember
3
@35.000
105.000
30.
Kain Lap
28
@5.000
140.000
31.
Asbak
13
@5000
65.000
32.
Termos
1
@500.000
500.000
33.
Keranjang Sampah
15
@13.000
195.000
34.
teko
4
@30.000
120.000
35.
Tempat bumbu
10
@6.000
60.000
36.
Pemeras Jeruk
2
@5.000
10.000
39.
Sapu
5
@15.000
75.000
40.
Engkrak
5
@9.000
45.000
41.
Pel
4
@20.000
80.000
42.
Lampion
25
@45.000
1.125.000
43.
Lampu
12
@90.000
1.080.000
46.
Stop Contak
13
@30.000
390.000
47.
Gelas + Tatakan gelas
200
@10.000
2.000.000
Piring + mangkuk
200
Rp 15.000
3.000.000
Sedotan
5 pack
Rp15.000
Rp 75.000
SUMBER DAYA
No.
Jenis Sumber Daya
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Seragam
18
@100.000
1.800.000
2.
Clemek
3
@20.000
600.000
3.
GAJI
Karyawan
Biaya
Jumlah
Koki
2
@2.500.000
5.000.000
Helper
2
@2.000.000
4.000.000
Pramusaji
9
@1.500.000
15.000.000
Kasir
2
@2.000.000
2.000.000
Parkir
1
@1.500.000
1.500.000
OB
2
@1.500.000
3.000.000
TRANSPORTASI
No.
Keterangan
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Sepeda Motor
2
@15.500.000
31.000.000
2.
Biaya Transportasi
@20.000 / hari
600.000
Total Pengeluaran
119.215.000
Biaya Per-Bulan
No.
Jenis Barang
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
BAHAN MASAKAN
Singkong
30 kwintal
Rp150.000
4.500.000
Bumbu Dapur
30 hari
Rp300.000
9.000.000
Susu
150 kaleng
Rp15.000
2.250.000
Lemon
90 kg
Rp12.000
1.080.000
Strowbery
60 Kg
Rp 27.000
1.620.000
Kiwi
60 Kg
Rp 30.000
1.800.000
Apel
90 Kg
Rp 30.000
2.700.000
Cherry
30 Kg
Rp 35.000
1.050.000
Anggur
60 Kg
Rp35.000
2.100.000
Melon
90 Kg
Rp8000
720.000
Mangga
90 Kg
Rp12.000
1.080.000
Alpukat
90 Kg
Rp25.000
2.250.000
Jambu merah
90 Kg
Rp8.000
720.000
Buah naga
90 Kg
Rp32.000
2.880.000
Daun mint
10 Kg
Rp8.000
80.000
meses
15 Kg
Rp12.000
180.000
Keju
90 Kg
Rp25.000
2.250.000
Daun pandan
1,5 Kg
Rp8.000
12.000
Tomat
60 Kg
Rp3.000
180.000
Seledri + daun bawang
15 Kg
Rp6.000
90.000
Beras
100 Kg
Rp15.000
1.500.000
Tepung
3 Kwintal
Rp6.000
1.800.000
Telur
150 Kg
Rp15.000
2.250.000
Sosis
60 bungkus
Rp20.000
1.200.000
Agar-agar
60 pack
Rp20.000
1.200.000
Kecap asin
30 botol
Rp 13.000
390.000
Minyak goreng
60 Kg
Rp 15.000
900.000
Saus tomat
30 Kg
Rp 12.000
360.000
Saus pedas
30 Kg
Rp 12.000
360.000
gula
90 Kg
Rp 13.000
1.170.000
mayones
30 kg
Rp 13.000
390.000
Daun selada
1 Kg
Rp 6.000
6.000
Bayam
90 ikat
Rp 2.000
180.000
Kacang panjang
60 ikat
Rp 3.000
180.000
tauge
30 Kg
Rp 5.000
150.000
kelapa
150 biji
Rp 8.000
1.200.000
Ciper
90 ikat
Rp 3.000
230.000
Ayam
120 Kg
Rp 23.000
2.750.000
2.
Biaya Listrik+Air+Telp
-
Rp5.000.000
5.000.000
4.
Kertas Minyak
2 pack
Rp15.000
30.000
5.
Nota
-
Rp250.000
250.000
7.
Tusuk Gigi
-
Rp100.000
100.000
9.
Plastik
-
Rp100.000
100.000
11.
Sabun
-
Rp180.000
180.000
14.
Pengharum
-
Rp100.000
100.000
15.
Promosi
-
-
3.000.000
Total Pengeluaran
Rp61.518.000
RENCANA KERJA
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.
Kekuatan
Kekuatan adalah suatu kunci bagi perusahaan untuk bertahan didalam persaingan dengan perusahaan lain.
Kekuatan usaha Cassava Resto :
Menyediakan tempat yang dapat menjadikan tempat tersebut nyaman untuk ditempati dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung karena tempat yang kami suguhkan tidak hanya tempat untuk makan yg berupa gazebo-gazebo saja melainkan juga tempat rekreasi yang bisa digunakan untuk para pengunjung terutama untuk anak-anak yang bernuansa hijau dan asri.
Adanya suasana yang santai, nyaman penuh kekeluargaan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan konsumen dalam menikmati menu yang kami jual. Karena di sini kami menjual produk dimana produk tersebut sangat mudah dikenali oleh semua masyarakat yang menjadi ciri khasnya orang jawa yaitu singkong. Dan yang ditawarkan “Cassava Resto“ yang menjadi daya tarik tersendiri adalah bahan baku singkong yang kami olah menjadi berbagai macam olahan singkong yang membedakan restauran satu dengan yang lainnya yang telah ada.
Kelemahan
Kelemahan adalah faktor internal yang dimiliki oleh cassava resto merupakan suatu keterbatasan atau kekurangan dalam hal tingginya pesaing pasar dan barang bahan baku yang dibutuhkan.
Namun untuk mengatasi hal tersebut kami dalam mendapatkan bahan baku tidak hanya ke satu supplier saja melainkan ke berbagai supplier dikarenakan untuk meminimalisir terjadinya kelangkaan bahan baku di salah satu supplier. Dan untuk pesaing pasar kami lebih menekankan akan kualitas dan ciri khas cassava resto yang berupa singkong agar konsumen lebih tertarik akan olahan-olahan singkong yang ada di cassava resto kami.
Peluang
Peluang adalah berbagai faktor situasi lingkungan luar perusahaan yang menguntungkan bagi kegiatan perusahaan. Peluang restoran ini menyasar para pecinta makanan unik dan pecinta singkong. Dengan diadakan aplikasi yang diluncurkan perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang tetap tanpa harus menggunakan banyak karyawan.
Ancaman
Ancaman merupakan suatu kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan bagi suatu bisnis perusahaan. Restoran harus membuat hak cipta supaya restoran sejenis tidak berani muncul dan bersaing.
Bauran Pemasaran
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dengan demikian, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang kami tawarkan berupa bahan utama yang terbuat dari singkong. Disini kita akan menginovasi singkong menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.
Ada empat hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran yang biasa dikenal dengan istilah 4P, yaitu:
Product
Usaha yang kami buka adalah Cassava Resto yang beralamatkan di Alun-alun Boyolali. Menyediakan makanan yang berbahan dasar singkong. Melayani dengan sepenuh hati. Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang terjangkau untuk semua golongan,dan kami menawarkan beberapa menu diantaranya yaitu:
Menu Utama
Harga
Rice cassava
Rp 35.000
Susi cassava
Rp 35.000
Menu Camilan
1. Chili Cassava
Rp. 25.000
Cassava Flour Calzone With Cottage Cheese
Rp. 35.000
Cassava Pasta
Rp. 25.000
Cassava Pizza
Rp. 30.000
Cassava Cake
Rp. 25.000
Brownies Kukus Ubi Ungu
Rp. 25.000
Cassava Puding
Rp. 25.000
Salad Saus Ubi Ungu
Rp.35.000
Menu Minuman
Ice Cream Ubi Ungu
Rp. 20.000
Milkshake Ubi ungu
Rp. 12.000
Ice Coconut
Rp. 15.000
Macam-macam Juice
Rp. 12.000
Air Mineral
Rp. 3.000
Lemon tea
Rp. 8.000
Ice tea
Rp. 5.000
Place
Setelah melalui beberapa tahap pencarian, tempat yang memungkinkan dimulainya usaha adalah Alun-alun Boyolali. Daerah ini berada di tempat yang strategis, karena selain merupakan komplek perkantoran juga merupakan kawasan wisata.
Price (harga)
Dalam menentukan harga produk yang akan kami jual, kami mematok harga dimana harga-harga tersebut mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Kami mematok harga menu makanan dan minuman mulai dari Rp3.000;00 hingga RP35.000;00
Promotion (pemasaran)
Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk dan atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk menarik konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Kami melakukan promosi dengan penyebaran brosur-brosur, membuat spanduk, promosi online diberbagai akun sosial media seperti facebook, instagram.
Sasaran Pasar
Usaha restoran sejenis cassava resto ini mungkin sudah banyak pasaran yang menggunakannya, namun kami lebih memprioritaskannya dalam hal suasana, kenyaman serta fasilitas untuk pelanggan agar tidak bosan. Dan kualitas produk yang kami tawarkan kepada pelanggan dan pelayanan yang dapat memberi kepuasan lebih terhadap pelanggan.
Strategi Pemasaran
Strategi yang kami lakukan dalam usaha ini adalah yang pertama bagaimana caranya pelanggan bisa tertarik dan tidak bosan dengan produk yang kami jual (cirri khas, kualitas dan cita rasa produk ). Yang kedua adalah pelayanan terhadap pelangggan harus dengan sebaik mungkin, karena pelayanan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi usaha cassava resto dalam mendapatkan pelanggan setia. Yang ketiga adalah lokasi dan sasaran pelanggan, lokasi yang strategis dapat mempengaruhi pelanggan agar tertarik untuk mampir ke cassava resto karena lokasi yang kami buat untuk usaha ini terletak didaerah dimana daerah tersebut sangat mudah dikenal oleh banyak orang dan usaha ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga menengah keatas karena disini usaha cassava resto tidak membedakan satu sama lain antar pelanggan.
HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)
Persediaan awal : Rp 200.000.000,00
Pembelian : Rp 61.518.000,00
+
Rp 261.518.000,00
Penjualan : Rp259.500.000,00
−
Persediaan akhir : Rp 2.018.000,00
HPP : Rp 200.000.000,00 – Rp 2.018.000,00 = Rp 197.982.000,00
REVENUE
Kami mempunyai 5 meja dalam ruangan yang 1 mejanya dapat menampung satu kelompok yang terdiri dari 4 orang, sama artinya 4 orang X 5 Meja = 20 orang. Selain mempunyai 5 meja dalam ruangan kami juga mempunyai 8 meja dalam gazebo yang 1 mejanya dapat menumpang 1 kelompok yang terdiri dari 5 orang, artinya 5 orang X 8 meja = 40 orang. Setiap 1 kelompok kami rata-ratakan menghabiskan waktu 1 jam sehingga dalam kurun waktu 1 jam ada 60 orang/pengunjung.
Kami mempunyai jam buka perhari yaitu 14 jam, tetapi kita asumsikan efektifnya 10 jam X 60 pengunjung/jam = 600 pengunjung/hari.
MAKANAN
MENU
JUMLAH UNIT
HARGA PER UNIT (Rp)
JUMLAH (Rp)
Rice cassava
35
Rp 35.000,00
Rp 1.225.000,00
Susi cassava
20
Rp 35.000,00
Rp 700.000,00
MENU CAMILAN
Chili casava
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava flour calzone with cottage cheese
15
Rp 35.000,00
Rp 525.000,00
Cassava pasta
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava pizza
15
Rp 30.000,00
Rp 600.000,00
Cassava cake
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Brownies kukus ubi ungu
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava puding
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Salad saus ubi ungu
20
Rp 35.000,00
Rp 700.000,00
MENU MINUMAN
Ice cream ubi ungu
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Milk shack ubi ungu
20
Rp 20.000,00
Rp 400.000,00
Ice coconut
20
Rp 20.000,00
Rp 400.000,00
Macam-macam jus
25
Rp 20.000,00
Rp 500.000,00
Air mineral
20
Rp 5.000,00
Rp 100.000,00
Lemon tea
20
Rp 15.000,00
Rp 300.000,00
Ice tea
20
Rp 10.000,00
Rp 200.000,00
JUMLAH
Rp 8.650.000,00
Total penjualan per hari : Rp 8.650.000,00
Total penjualan per bulan : Rp 8.650.000,00 X 30 hari = Rp259.500.000,00
PROFIT AND LOSS SHARING
Pengeluaran Bulanan
Biaya untuk masak & perlengkapan : Rp 61.518.000,00
Gaji karyawan : Rp 30.500.000,00
Biaya Listrik+Air+Telepon : Rp. 5.000.000,00
Biaya Transportasi : Rp. 600.000,00
Biaya promosi : Rp. 3.000.000,00
____________
Total pengeluaran bulanan : Rp 100.618.000,00
Pendapatan Bersih Per-Bulan :
Rp259.500.000,00 – Rp 100.618.000,00 = Rp 158.882.000,00
Pendapatan Bersih Per-Tahun :
Rp 158.882.000,00 X 12 bulan = Rp 1.906.584.000,00
CASSAVA RESTO 5in1
Disusun untuk memenuhi tugas kelompuk mata kuliah Dasar-Dasar Pemasaran
Dosen pengampu Arnold Diosdat, S.E., M.M.
Disusun oleh :
Kelompok 2
Novitasari (63010160023)
Anis Nur F (63010160041)
Munif Anggraeni (63010160045)
Arini Noor Hidayati (23010160122)
Purwadi Priyambodo (63010160206)
PROGRAM STUDI S1 PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2017
Visi
Menjadikan jaringan kuliner yang terbaik dan terbesar diseluruh Indonesia maupun manca negara
Misi
Untuk mengembangkan usaha ke seluruh pelosok Indonesia hingga manca negara.
Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan, karyawan atau pegawai.
RENCANA ANGGARAN
Modal awal : Rp 1.000.000.000,00
Pengeluaran dan pembelian
Dalam usaha ini, kami melakukan pengeluaran sebesar Rp 500.000.000,-untuk pembanguan dan Rp 300.000.000,- untuk renovasi, dan sisa Rp 200.000.000,- digunakan untuk membeli perlengkapan restoran dengan rincian sebagai berikut :
PERALATAN RESTORAN
No.
Jenis Barang
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Meja & kursi
20
@800.000
16.000.000
3.
Meja Lesehan
8
@500.000
4.000.000
4.
Karpet
8
@200.000
1.600.000
5.
Sound System
Satu Paket
2.000.000
7.
Telephon Resto
1
@500.000
500.000
8.
8.
Jam Dinding
1
@65.000
65.000
10.
Kipas Angin
4
@190.000
760.000
11.
TV LED
2
@1.300.000
2.600.000
12.
Komputer
1
@4.000.000
4.500.000
13.
Kulkas Sayuran
1
@2.000.000
2.000.000
14.
Kulkas Minuman
1
@2.500.000
2.500.000
15.
Kompor + Gas
3
@1.500.000
4.500.000
16.
Panci Besar
2
@400.000
800.000
17.
Panci
4
@50.000
200.000
18.
Pemanggang
1
@300.000
300.000
19.
Penggorengan
2
@200.000
400.000
20.
Penjepit Gorengan
20
@3.000
60.000
21.
Pisau
7
@30.000
210.000
22.
Spatula + Serok
4
@5000
20.000
23.
Nampan Saji
20
@25.000
500.000
25.
Sendok + Garpu
200
@10.000
2.000.000
27.
Loyang
3
@20.000
60.000
28.
Tempat Tisue
15
@5.000
75.000
29.
Ember
3
@35.000
105.000
30.
Kain Lap
28
@5.000
140.000
31.
Asbak
13
@5000
65.000
32.
Termos
1
@500.000
500.000
33.
Keranjang Sampah
15
@13.000
195.000
34.
teko
4
@30.000
120.000
35.
Tempat bumbu
10
@6.000
60.000
36.
Pemeras Jeruk
2
@5.000
10.000
39.
Sapu
5
@15.000
75.000
40.
Engkrak
5
@9.000
45.000
41.
Pel
4
@20.000
80.000
42.
Lampion
25
@45.000
1.125.000
43.
Lampu
12
@90.000
1.080.000
46.
Stop Contak
13
@30.000
390.000
47.
Gelas + Tatakan gelas
200
@10.000
2.000.000
Piring + mangkuk
200
Rp 15.000
3.000.000
Sedotan
5 pack
Rp15.000
Rp 75.000
SUMBER DAYA
No.
Jenis Sumber Daya
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Seragam
18
@100.000
1.800.000
2.
Clemek
3
@20.000
600.000
3.
GAJI
Karyawan
Biaya
Jumlah
Koki
2
@2.500.000
5.000.000
Helper
2
@2.000.000
4.000.000
Pramusaji
9
@1.500.000
15.000.000
Kasir
2
@2.000.000
2.000.000
Parkir
1
@1.500.000
1.500.000
OB
2
@1.500.000
3.000.000
TRANSPORTASI
No.
Keterangan
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
Sepeda Motor
2
@15.500.000
31.000.000
2.
Biaya Transportasi
@20.000 / hari
600.000
Total Pengeluaran
119.215.000
Biaya Per-Bulan
No.
Jenis Barang
Item
Harga per Item
Jumlah
1.
BAHAN MASAKAN
Singkong
30 kwintal
Rp150.000
4.500.000
Bumbu Dapur
30 hari
Rp300.000
9.000.000
Susu
150 kaleng
Rp15.000
2.250.000
Lemon
90 kg
Rp12.000
1.080.000
Strowbery
60 Kg
Rp 27.000
1.620.000
Kiwi
60 Kg
Rp 30.000
1.800.000
Apel
90 Kg
Rp 30.000
2.700.000
Cherry
30 Kg
Rp 35.000
1.050.000
Anggur
60 Kg
Rp35.000
2.100.000
Melon
90 Kg
Rp8000
720.000
Mangga
90 Kg
Rp12.000
1.080.000
Alpukat
90 Kg
Rp25.000
2.250.000
Jambu merah
90 Kg
Rp8.000
720.000
Buah naga
90 Kg
Rp32.000
2.880.000
Daun mint
10 Kg
Rp8.000
80.000
meses
15 Kg
Rp12.000
180.000
Keju
90 Kg
Rp25.000
2.250.000
Daun pandan
1,5 Kg
Rp8.000
12.000
Tomat
60 Kg
Rp3.000
180.000
Seledri + daun bawang
15 Kg
Rp6.000
90.000
Beras
100 Kg
Rp15.000
1.500.000
Tepung
3 Kwintal
Rp6.000
1.800.000
Telur
150 Kg
Rp15.000
2.250.000
Sosis
60 bungkus
Rp20.000
1.200.000
Agar-agar
60 pack
Rp20.000
1.200.000
Kecap asin
30 botol
Rp 13.000
390.000
Minyak goreng
60 Kg
Rp 15.000
900.000
Saus tomat
30 Kg
Rp 12.000
360.000
Saus pedas
30 Kg
Rp 12.000
360.000
gula
90 Kg
Rp 13.000
1.170.000
mayones
30 kg
Rp 13.000
390.000
Daun selada
1 Kg
Rp 6.000
6.000
Bayam
90 ikat
Rp 2.000
180.000
Kacang panjang
60 ikat
Rp 3.000
180.000
tauge
30 Kg
Rp 5.000
150.000
kelapa
150 biji
Rp 8.000
1.200.000
Ciper
90 ikat
Rp 3.000
230.000
Ayam
120 Kg
Rp 23.000
2.750.000
2.
Biaya Listrik+Air+Telp
-
Rp5.000.000
5.000.000
4.
Kertas Minyak
2 pack
Rp15.000
30.000
5.
Nota
-
Rp250.000
250.000
7.
Tusuk Gigi
-
Rp100.000
100.000
9.
Plastik
-
Rp100.000
100.000
11.
Sabun
-
Rp180.000
180.000
14.
Pengharum
-
Rp100.000
100.000
15.
Promosi
-
-
3.000.000
Total Pengeluaran
Rp61.518.000
RENCANA KERJA
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.
Kekuatan
Kekuatan adalah suatu kunci bagi perusahaan untuk bertahan didalam persaingan dengan perusahaan lain.
Kekuatan usaha Cassava Resto :
Menyediakan tempat yang dapat menjadikan tempat tersebut nyaman untuk ditempati dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung karena tempat yang kami suguhkan tidak hanya tempat untuk makan yg berupa gazebo-gazebo saja melainkan juga tempat rekreasi yang bisa digunakan untuk para pengunjung terutama untuk anak-anak yang bernuansa hijau dan asri.
Adanya suasana yang santai, nyaman penuh kekeluargaan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan konsumen dalam menikmati menu yang kami jual. Karena di sini kami menjual produk dimana produk tersebut sangat mudah dikenali oleh semua masyarakat yang menjadi ciri khasnya orang jawa yaitu singkong. Dan yang ditawarkan “Cassava Resto“ yang menjadi daya tarik tersendiri adalah bahan baku singkong yang kami olah menjadi berbagai macam olahan singkong yang membedakan restauran satu dengan yang lainnya yang telah ada.
Kelemahan
Kelemahan adalah faktor internal yang dimiliki oleh cassava resto merupakan suatu keterbatasan atau kekurangan dalam hal tingginya pesaing pasar dan barang bahan baku yang dibutuhkan.
Namun untuk mengatasi hal tersebut kami dalam mendapatkan bahan baku tidak hanya ke satu supplier saja melainkan ke berbagai supplier dikarenakan untuk meminimalisir terjadinya kelangkaan bahan baku di salah satu supplier. Dan untuk pesaing pasar kami lebih menekankan akan kualitas dan ciri khas cassava resto yang berupa singkong agar konsumen lebih tertarik akan olahan-olahan singkong yang ada di cassava resto kami.
Peluang
Peluang adalah berbagai faktor situasi lingkungan luar perusahaan yang menguntungkan bagi kegiatan perusahaan. Peluang restoran ini menyasar para pecinta makanan unik dan pecinta singkong. Dengan diadakan aplikasi yang diluncurkan perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang tetap tanpa harus menggunakan banyak karyawan.
Ancaman
Ancaman merupakan suatu kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan bagi suatu bisnis perusahaan. Restoran harus membuat hak cipta supaya restoran sejenis tidak berani muncul dan bersaing.
Bauran Pemasaran
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dengan demikian, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang kami tawarkan berupa bahan utama yang terbuat dari singkong. Disini kita akan menginovasi singkong menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.
Ada empat hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran yang biasa dikenal dengan istilah 4P, yaitu:
Product
Usaha yang kami buka adalah Cassava Resto yang beralamatkan di Alun-alun Boyolali. Menyediakan makanan yang berbahan dasar singkong. Melayani dengan sepenuh hati. Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang terjangkau untuk semua golongan,dan kami menawarkan beberapa menu diantaranya yaitu:
Menu Utama
Harga
Rice cassava
Rp 35.000
Susi cassava
Rp 35.000
Menu Camilan
1. Chili Cassava
Rp. 25.000
Cassava Flour Calzone With Cottage Cheese
Rp. 35.000
Cassava Pasta
Rp. 25.000
Cassava Pizza
Rp. 30.000
Cassava Cake
Rp. 25.000
Brownies Kukus Ubi Ungu
Rp. 25.000
Cassava Puding
Rp. 25.000
Salad Saus Ubi Ungu
Rp.35.000
Menu Minuman
Ice Cream Ubi Ungu
Rp. 20.000
Milkshake Ubi ungu
Rp. 12.000
Ice Coconut
Rp. 15.000
Macam-macam Juice
Rp. 12.000
Air Mineral
Rp. 3.000
Lemon tea
Rp. 8.000
Ice tea
Rp. 5.000
Place
Setelah melalui beberapa tahap pencarian, tempat yang memungkinkan dimulainya usaha adalah Alun-alun Boyolali. Daerah ini berada di tempat yang strategis, karena selain merupakan komplek perkantoran juga merupakan kawasan wisata.
Price (harga)
Dalam menentukan harga produk yang akan kami jual, kami mematok harga dimana harga-harga tersebut mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Kami mematok harga menu makanan dan minuman mulai dari Rp3.000;00 hingga RP35.000;00
Promotion (pemasaran)
Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk dan atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk menarik konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Kami melakukan promosi dengan penyebaran brosur-brosur, membuat spanduk, promosi online diberbagai akun sosial media seperti facebook, instagram.
Sasaran Pasar
Usaha restoran sejenis cassava resto ini mungkin sudah banyak pasaran yang menggunakannya, namun kami lebih memprioritaskannya dalam hal suasana, kenyaman serta fasilitas untuk pelanggan agar tidak bosan. Dan kualitas produk yang kami tawarkan kepada pelanggan dan pelayanan yang dapat memberi kepuasan lebih terhadap pelanggan.
Strategi Pemasaran
Strategi yang kami lakukan dalam usaha ini adalah yang pertama bagaimana caranya pelanggan bisa tertarik dan tidak bosan dengan produk yang kami jual (cirri khas, kualitas dan cita rasa produk ). Yang kedua adalah pelayanan terhadap pelangggan harus dengan sebaik mungkin, karena pelayanan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi usaha cassava resto dalam mendapatkan pelanggan setia. Yang ketiga adalah lokasi dan sasaran pelanggan, lokasi yang strategis dapat mempengaruhi pelanggan agar tertarik untuk mampir ke cassava resto karena lokasi yang kami buat untuk usaha ini terletak didaerah dimana daerah tersebut sangat mudah dikenal oleh banyak orang dan usaha ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga menengah keatas karena disini usaha cassava resto tidak membedakan satu sama lain antar pelanggan.
HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)
Persediaan awal : Rp 200.000.000,00
Pembelian : Rp 61.518.000,00
+
Rp 261.518.000,00
Penjualan : Rp259.500.000,00
−
Persediaan akhir : Rp 2.018.000,00
HPP : Rp 200.000.000,00 – Rp 2.018.000,00 = Rp 197.982.000,00
REVENUE
Kami mempunyai 5 meja dalam ruangan yang 1 mejanya dapat menampung satu kelompok yang terdiri dari 4 orang, sama artinya 4 orang X 5 Meja = 20 orang. Selain mempunyai 5 meja dalam ruangan kami juga mempunyai 8 meja dalam gazebo yang 1 mejanya dapat menumpang 1 kelompok yang terdiri dari 5 orang, artinya 5 orang X 8 meja = 40 orang. Setiap 1 kelompok kami rata-ratakan menghabiskan waktu 1 jam sehingga dalam kurun waktu 1 jam ada 60 orang/pengunjung.
Kami mempunyai jam buka perhari yaitu 14 jam, tetapi kita asumsikan efektifnya 10 jam X 60 pengunjung/jam = 600 pengunjung/hari.
MAKANAN
MENU
JUMLAH UNIT
HARGA PER UNIT (Rp)
JUMLAH (Rp)
Rice cassava
35
Rp 35.000,00
Rp 1.225.000,00
Susi cassava
20
Rp 35.000,00
Rp 700.000,00
MENU CAMILAN
Chili casava
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava flour calzone with cottage cheese
15
Rp 35.000,00
Rp 525.000,00
Cassava pasta
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava pizza
15
Rp 30.000,00
Rp 600.000,00
Cassava cake
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Brownies kukus ubi ungu
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Cassava puding
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Salad saus ubi ungu
20
Rp 35.000,00
Rp 700.000,00
MENU MINUMAN
Ice cream ubi ungu
20
Rp 25.000,00
Rp 500.000,00
Milk shack ubi ungu
20
Rp 20.000,00
Rp 400.000,00
Ice coconut
20
Rp 20.000,00
Rp 400.000,00
Macam-macam jus
25
Rp 20.000,00
Rp 500.000,00
Air mineral
20
Rp 5.000,00
Rp 100.000,00
Lemon tea
20
Rp 15.000,00
Rp 300.000,00
Ice tea
20
Rp 10.000,00
Rp 200.000,00
JUMLAH
Rp 8.650.000,00
Total penjualan per hari : Rp 8.650.000,00
Total penjualan per bulan : Rp 8.650.000,00 X 30 hari = Rp259.500.000,00
PROFIT AND LOSS SHARING
Pengeluaran Bulanan
Biaya untuk masak & perlengkapan : Rp 61.518.000,00
Gaji karyawan : Rp 30.500.000,00
Biaya Listrik+Air+Telepon : Rp. 5.000.000,00
Biaya Transportasi : Rp. 600.000,00
Biaya promosi : Rp. 3.000.000,00
____________
Total pengeluaran bulanan : Rp 100.618.000,00
Pendapatan Bersih Per-Bulan :
Rp259.500.000,00 – Rp 100.618.000,00 = Rp 158.882.000,00
Pendapatan Bersih Per-Tahun :
Rp 158.882.000,00 X 12 bulan = Rp 1.906.584.000,00
Komentar
Posting Komentar